Chuseok Festival

Dari kemaren gw ngemeng2 mulu soal chuseok, ada yg bingung mungkin ada juga yg uda tau. Sebelumnya mianhaeyo kalo postingannya rada2 keluar jalur dr suju, cuma pengen memberi sedikit wawasan tentang korea aja berhubung kita semua cinta sama korea *atau suju lebih tepatnya* hehe😀.

Chuseok (추석) atau awalnya dikenal sebagai Hangawee (한가위) adalah festival yg ngerayain panen di korea, kurang lebih mirip sama thanksgiving. Kalo dulu orang2 ngerayain chuseok, terutama para petani dengan makan hasil panen mereka bareng2 dan ngebersihin makam para leluhur mereka. Jaman sekarang tradisinya agak sedikit berubah. Orang2 yang hidup jauh dr rumah, misalnya kerja di kota besar kaya Seoul tapi aslinya berasal dari daerah,cth: heechul di kangwondo *mian cthnya heechul gpp ya? hehe :D*, mereka bakal pulang ke rumah mereka selama hari libur chuseok. Libur chuseok diselenggarain selama 3 hari di hari ke 15 bulan 8 kalender lunar. Tahun 2009 ini chuseok jatuh pada tanggal 3 Oktober dan liburnya dari tanggal 2 Okt-4 Okt.  Terus kalo gw ga salah ya, gw pernah baca kalo pas chuseok gini, anak2 cowo pulang ke rumah sambil bawa calon2 istri mereka lho, yg jelas suju belom ada yg bisa dibawa wkwkwk.

contoh dining table buat chuseok

contoh dining table buat chuseok

Waktu hari chuseok, seluruh keluarga ngumpul, pake baju baru bahkan sepatu baru *yah mirip2 lebaran gitu deh*. Biasanya pas hari chuseok ada beberapa makanan yg biasanya mereka makan contohnya  songpyeon (송편)~kue beras, bentuknya kaya bulan separo terbuat dari kacang2an dan madu atau gula, toran-tang (토란탕),  songi-sanjeok (송이 산적)~kombinasi jamur songi dan daging, dakjjim (닭찜)~steam chicken, nurumi (누루미)~bbrp bahan dicampur dgn telur terus digoreng, isinya tergantung, bisa daging,seafood tofu,jamur atau green onion, shindo-ju (신도주)~minuman keras tradisional korea,terbuat dari beras.

songpyeon

songpyeon

songi-sanjeok

songi-sanjeok

Terus biasanya diadain juga permainan2 tradisional selama festival chuseok, di antaranya:

1.) Gang-gang-suwollae (강-강-수월래), permainan di bawah sinar bulan sambil pegangan tangan, anak2 perempuan pake hanbok sambil nyanyi “Gang-gang-suwollae”. gang-gang-suwollae

2.) Ssireum(씨름), gulat tradisional korea, pemenangnya berarti pria paling kuat di antara yg lain.ssireum

3.) Juldarigi( 줄다리기) atau “Tug of War”, kompetisi adu kekuatan antar warga.juldarigi

Nah kurang lebih begitu gambaran festival chuseok di korea. Kalo ada yg salah mianhae ya ^o^, terus, oiya, suju mau ngucapin ini buat elf semua….

125396327602

“HAPPY CHUSEOK!!!”

credits: insidekorea

3 thoughts on “Chuseok Festival

  1. WonSooHyun says:

    i c.. ngmg2 ttg festival korea..
    ada festival korea nih di pacific place. gratis…
    keterangannya liat di note gw di fb yah…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s