Super Junior: Marriage, Bonamana, Awkwardness and Military Service

Super Junior kembali dengan hanya 10 member yakni Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun. Tiga member lain, Kangin memutuskan untuk wamil lebih dulu, Kibum masih berkonsentrasi dengan akting dan Hangeng sedang dalam proses pengadilan.

Namun sekali lagi mereka membuktikan diri sebagai salah satu boyband terbaik di asia melalui album keempat mereka yang menerima 200.000 kopi untuk pre-order, memecahkan rekor mereka sendiri dimana tahun lalu album ketiga mereka mendapat 150.000 kopi pre-order.

Mereka mengadakan konferensi pers di Seoul tanggal 20 Mei lalu, berbicara mengenai target menyukseskan album ke-4 dengan 10 member dan kesulitan2 yang mereka hadapi untuk membuat comeback kali ini jauh lebih besar dari sebelumnya.

Q: Ada beberapa member yang tidak ada. Bagaimana rasanya?
Heechul: Tentu saja kami sedih. Saya sendiri bahkan merasa sedikit depresi dan sempat melalui masa2 sulit.

Q:Banyak yang terjadi di dalam grup. Shindong, Anda menyatakan cinta melalui album ini. Bagaimana dengan respon dari agensi?
Heechul: Saya rasa mereka menyebarkannya karena mereka tidak tahu artinya. (tertawa)
Shindong: Kalau saya menulisnya dalam bahasa korea, saya rasa mereka akan menyuruh saya melakukannya lagi kali berikut. (tertawa)
Heechul: Saya telah membicarakan hal ini sebelumnya dengan Leeteuk, kalau seorang fan membeli album kemudian melihat kode2 yang ditulis Shindong dan mengetahui bahwa dia baru saja mengajak seseorang menikah… Kami beruntung jika dia (fan) tidak merusak albumnya. (tertawa) Shindong sebetulnya terus meminta maaf pada kami sebelum kami tampil untuk comeback “BONAMANA.”
Lee Teuk: Ada berbagai reaksi terhadap apa yang dilakukannya namun kami bersyukur banyak artikel yang menanggapi hal tersebut dengan baik.
Shindong: Saya telah menjadi pria yang romantis, terima kasih pada mereka.

Q: Apakah kalian semua tahu mengenai hal ini?
Lee Teuk: Heechul tahu.
Heechul: Saya setuju dengan Shindong ketika dia memberitahu akan melakukan hal ini. Saya bilang padanya ini hebat. Seorang pria harus mengaku jika memang sudah saatnya. Namun ketika saya melihat kode tersebut diuraikan… saya tidak tahu kalau dia benar2 serius mengenai hal ini
Lee Teuk: Kami sedang dalam pemotretan ketika dia menulisnya, dia terus menerus melihat keyboard komputernya.

Q: Apakah kalian berencana untuk segera menikah jika, ambil contoh album ke-4 ini sukses besar?
Lee Teuk: Mungkin saja akan menikah kalau album ini terjual 1 juta kopi. (tertawa)
Shindong: Saya akan (menikah) jika terjual di bawah 1 juta. (tertawa)
Heechul: Saya akan menyanyikan lagu pernikahan. Cinta sangat menyakitkan… (tertawa)
Lee Teuk: Itu semua mungkin karena Shindong. Dialah yang memberikan image ramah terhadap grup kami. Semuanya tampan dan langsing sehingga seperti ada jarak antara publik dengan kami…
Heechul: Kau terdengar seperti menghina Shindong
Lee Teuk: Tidak, saya tidak menghinanya. (tertawa) Saya hanya mengatakan kita harus memiliki Shindong di dalam grup untuk memberikan image yang ramah.
Shindong: Saya bersyukur kalian berpikir mengenai saya seperti itu. Saya sangat bersyukur terhadap grup saya, karena kemanapun saya pergi yang terdengar hanya kata2 ‘pretty boy’. (tertawa)
Heechul: Kalau begitu sekarang mari jangan terlalu bersyukur terhadap grup kita. (tertawa)

Q: Kalian telah melalui berbagai hal sebelum album ini keluar, saya rasa kalian tentunya memiliki perasaan yang berbeda saat mempersiapkannya. Apa yang kalian rasakan sewaktu berlatih?
Eunhyuk: Perasaan setiap member berbeda2. Rasanya luar biasa karena kami berlatih dengan tekad seperti saat pertama kali debut. Donghae dan saya bertanggung jawab dalam hal koreografi sehingga kami benar2 harus bekerja keras untuk ini. Kami hampir tidak tidur mempersiapkan album ini.
Donghae: Saya merasa stress bahkan sempat bermimpi buruk. Saya kaget karena saya bermimpi banyak orang yang menertawai kami saat kami di atas panggung.
Lee Teuk: Eunhyuk bilang dia juga sempat bermimpi hal yang sama. Saya terkejut karena para member sepertinya berada dalam tekanan yang begitu besar.

Q: Beberapa pihak menganggap bahwa single andalan kalian “Bonamana” mirip dengan “Sorry Sorry”
Lee Teuk: Saya tahu, namun saya rasa “Bonamana” lebih merupakan perluasan dari “Sorry Sorry”.

Q: Ada gerakan dance yang mirip dengan gerakan skating.
Lee Teuk: Koreografernya bilang dia berpikir mengenai skating saat memikirkan korea. (tertawa)

Q: Koreografi “Bonamana” sepertinya jauh lebih sulit dari sebelum2nya, apa kalian sempat merasa kesulitan dalam menghafalkannya?
Eunhyuk: Seharusnya lebih sulit dari apa yang ada. Kami mengubah beberapa gerakannya sehingga mereka (member lain) dapat lebih mudah menghafalkannya namun ada beberapa gerakan utama yang kami biarkan seperti aslinya. Koregrafinya benar2 sulit sehingga setiap bagian lagu kami benar2 bekerja keras. Rasanya seperti kami sedang berlari dengan kecepatan penuh tanpa henti.
Lee Teuk: Bukankah kekuatan kami, pada kenyataannya dapat mengatasi bahkan gerakan terumit sekalipun? (tertawa) Koreografernya bilang gerakan kami kali ini adalah mengenai energi. Dia juga yang menjadi koreografer untuk ‘Sorry Sorry’. Kami sangat berterima kasih padanya karena mau membantu kami padahal seharusnya dia mengikuti konser tribute untuk Michael jackson.

Q: Apakah lagu baru kalian cukup sulit untuk dinyanyikan, terutama bagi mereka yang biasa menyanyikan lagu2 ballad?
Kyuhyun: Dalam hal ini, saya lebih mudah dalam menyanyikan lagu2 ballad namun juga tidak terlalu buruk dalam menyanyikan lagu2 bertempo cepat. Saya telah berlatih terus-menerus. Melalui album ini saya juga dapat menunjukan image saya yang berbeda2 karena sebetulnya banyak lagu ballad dalam album ini.

Q: Bagaimana rasanya menyanyikan lagu ciptaan Yoo Heeyool “Good Person”?
Kyuhyun: Saya benar2 berada di bawah tekanan karena lagu tersebut merupakan karya klasik sehingga saya tidak mau merusaknya. Kami berbicara dengan produser mengenai lagu ini, mengatakan bahwa kami harus memberikan emosi di bagian ini dan itu, dan katanya kami terlalu banyak tersenyum saat menyanyikannya padahal lagu ini seharusnya lagu yang sedih.
Lee Teuk: Kami mengedit sedikit lagunya dan karena ini merupakan karya klasik serta Yoo Heeyool membawakan acara radionya sesudah kami dia sempat menanyakan mengenai lagunya. Setelah album keluar dia bilang dia mendengarkan versi kami dan mengatakan bahwa lagu versi kami cukup baik sehingga kami merasa sangat berterima kasih.
Yesung: Ketika saya mendengar kami akan membuat versi baru dari lagu “Good person”, saya kira dulu lagunya Park Hyosin. (tertawa)

Q: Haha, Yesung, Anda harus lebih banyak tampil dalam variety show.
Yesung: Sebetulnya saya sangat tertarik untuk melakukannya. (tertawa)

Q: Lee Teuk, Eunhyuk, dan Shindong, kalian bertiga memiliki segmen tetap dalam acara “Strong Heart”
Lee Teuk: Kami melihat beberapa foto yang terbongkar dan semakin sering hal itu terjadi semakin penasaran publik terhadap foto2 tersebut dan semakin tidak mau artis terungkapkan foto mereka. Dan biasanya sangat sulit untuk bertahan dalam satu acara dalam waktu lebih dari 3 bulan namun kami sudah memasuki bulan ke-9 kami. Saya berpikir untuk menyajikan sesuatu yang berbeda.

Q: Bukankah sangat sulit untuk membujuk para bintang tamu menunjukan kebolehan mereka?
Lee Teuk: Memang sulit dan banyak di antara mereka yang tidak mau melakukannya sehingga kami harus terus membujuk mereka.
Eunhyuk: Saya tidak pernah tertarik dengan variety show sebelumnya namun perlahan-lahan saya mulai mencemplungkan diri ke dalamnya karena mendengar member lain mengatakan mengenai betapa menyenangkannya variety show. Kemudian kami mendapat kesempatan untuk hadir dalam ‘Strong Heart’, awalnya saya merasa cukup tertekan untuk dapat membuat orang lain tertawa. Mereka berdua (Leeteuk & Shindong) sebetulnya melakukannya dengan sangat baik, saya hanya memberikan beberapa tambahan saja (tertawa)
Yesung: Ketika saya melihat mereka berkumpul, sepertinya mereka benar2 sibuk sampai tidak tidur untuk mempersiapkan apa yang harus mereka lakukan di acara selanjutnya. Shindong sibuk mencari2 di internet, Leeteuk menyiapkan lelucon dan Eunhyuk siap menambahkannya dengan bumbu2 lain. Saya tidak tahu kalau mereka dapat mengerjakannya sebaik itu.

Q: Beberapa dari kalian telah berakting dalam musikal. Apakah pengalaman ini dapat membantu karier menyanyi kalian?
Yesung: Tentunya sangat membantu. Saya dapat berlatih menyanyi melalui penampilan langsung dalam musikal. Ketika terlibat dalam suatu proyek musikal saya juga kembali memiliki pola pikir layaknya seorang junior, karena di set musikal ada banyak aktor2 yang jauh lebih tua dan lebih senior dibandingkan saya.
Sungmin: Saya rasa saya menjadi lebih berani dalam bersekspresi di atas panggung setelah saya berakting dalam musikal. Saya menjadi lebih nyaman melakukan hal2 yang sebelumnya belum pernah saya lakukan di atas panggung ketika tampil menyanyi.

Q: Leeteuk, Anda pernah mengatakan di acara ‘Strong Heart’ waktu itu kalau Heechul sempat berpikir untuk keluar dari SJ, bukankah kalian seharusnya menyempatkan diri untuk berbicara dan membangun pengertian baru satu sama lain?
Lee Teuk: Kami berbicara banyak saat tur asia, karena biasanya masing2 dari kami punya jadwal yang berbeda2 namun karena tur kami memiliki banyak waktu bersama2. Heechul dan saya menjadi lebih dekat karena tur asia kami kali ini.

Q: Lalu apakah Anda pernah merasa canggung berada di sekitarnya sebelum ini?
Lee Teuk: Bukan canggung, kami selalu memberitahu satu sama lain kalau kami ini teman. Kami tidak berbicara banyak mengenai pekerjaan, namun karena kejadian yang kami alami akhir2 ini kami jadi lebih banyak berbicara mengenai pekerjaan juga.
Heechul: Kepribadian kami sangat berbeda dan kami juga tidak banyak bekerja bersama2 bahkan jarang berbicara satu sama lain saat makan di dorm. Kami bahkan mulai memiliki pendapat yang berbeda2 mengenai masalah yang ada saat ini dan setelah bertanya2 mengapa kami bisa seperti itu, Lee Teuk, Shindong dan saya merasa kami harus kembali ke 8 tahun yang lalu dimana kami masih merupakan debutan baru dan mengatakan segalanya secara blak-blakan.

Q: Apa yang kalian bicarakan?
Heechul: Saya merasa akan lebih baik kalau kami kembali seperti dulu saat kami merupakan sahabat satu sama lain dan berbicara mengenai segala hal. Sebelumnya saya menghindari tampil bersama dengan para member dalam variety show karena rasanya tidak nyaman dan kami memiliki opini yang berbeda satu sama lain. Kami juga seharusnya berbicara mengenai masalah yang terjadi belakangan ini namun saya tidak tahu apa2 karena kami sebetulnya cukup dekat sebagai teman namun tidak sebagai member dalam satu grup yang sama. Namun akhirnya saya berbicara dengan Leeteuk dan Shindong selama kurang lebih 5 jam, kemudian merasa jauh lebih baik dari sebelumnya, dan memutuskan untuk mengatakannya seperti yang saya lakukan di “Strong Heart”. Saya bersenang2 ketika tampil di variety show hari2 belakangan ini.
Lee Teuk: Dia menelepon sendiri produsernya dan menjadwal sendiri kehadirannya. (tertawa)

Q: Heechul, apakah Anda berencana tampil dalam variety show seterusnya?
Heechul: Saya mempertimbangkan untuk tampil dimana2, dimulai dengan “Family Outing season 2” tapi saya tahu banyak hal yang baik dan buruk ketika saya tampil dalam suatu acara. Lagipula saya tidak memiliki banyak cerita untuk diberitahukan jadi saya berpikir orang2 akan bosan kalau saya terlalu sering tampil dalam variety show. Maka dari itu saya berhati2 dan lebih mempersiapkan diri sebagai MC. Secara pribadi saya senang menjadi MC suatu acara seperti “Super Show”. Saya sempat bercanda dengan para produser dan manajer kalau saya ingin menjadi MC acara seperti itu. (tertawa) Saya merasa sedikit cemas. Saya merasa tertekan kalau2 saya belum dapat meraih sesuatu sebelum saya wamil dan menemukan tempat yang tepat untuk saya. Namun kemudian saya menghapus perasaan tersebut dan melihat diri saya dalam gambaran yang jauh lebih besar, saya ingin berakting dan tampil dalam variety show bersama dengan grup saya.

Q: Kangin akan mulai wamil tahun ini, bagaimana dengan yang lain?
Lee Teuk: Saya rasa kami akan mulai wamil tahun depan atau 2 tahun lagi. Kami berencana meraih yang terbaik dalam karier kami sebelum melaksanakan wamil sehingga kami dapat pergi tanpa penyesalan.

Q: Kalian adalah idola yang bahkan sudah memikirkan mengenai hal2 seperti pernikahan, bagaimana perasaan kalian saat ini dibanding saat pertama kali debut?
Lee Teuk: Kami bertambah tua seiring dengan orang2 yang menyukai kami sejak debut. Saya sendiri merasa terkejut dengan kenyataan saya dapat bertahan selama ini dalam industri hiburan. Banyak hal yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini jadi saya rasa saya tidak akan goyah dengan hal2 kecil yang terjadi nantinya. Kami sudah sampai di titik kehidupan ini, saya rasa kami dapat bertahan dalam 20 hingga 30 tahun lagi. Kami juga harus segera melaksanakan wamil dan kami akan pergi karena itu adalah kewajiban kami. Saya harap kami dapat mengatakan bahwa kami telah bekerja keras dan tidak memiliki penyesalan apapun di akhir tahun nanti.

Senior Reporter : Kang Myoung-Seok two@
Editor : Lee Ji-Hye seven@
Editor : Jessica Kim jesskim@
<ⓒ10Asia All rights reserved>

source: asiae.co.kr | shared by mrs08 @ sj-world.net
translated by fabulous04 @ sujuelfone

take out with full and proper credits

9 thoughts on “Super Junior: Marriage, Bonamana, Awkwardness and Military Service

  1. yerynsung says:

    ahaha . . .lucu” . . .
    kliatan yg niat nikah cman shindong . . .^^ “pretty boy” wkwk . . .^^

    uah . . .jempol seratus deh, buad eunhae . . .^^
    fighting!

    eumm . . .pi lagu.nya good person yg d.nyanyi.in suju baguz kog . . .^^

    sharus.nya oppa” d.suju mngenal istilah Bhineka Tunggal Ika . . .hehe . . .layak.ny bangsa kami . . .wkwk^^

    knapa si pnanya ntu g langsung nanya gini:
    heechul, kapan anda akan m’mutuskan mngikuti wamil?^^

    teukki sangat bijaksana . . .^^hehe,

    *mian iah lo comen.qu k.panjang.an n g mutu ^^hehe,*

  2. Park Soo Jeong ^수정아~~잉^ says:

    Ah..sedih lg kl inget 3 member itu.. skrg ga ada kangteuk-hanchul.. Leechul jg blh d.. *digebukin fans kangin ma han*

    Sobang mkn dewasa aj,anak maknae yg mendadak jd leader..u’re so great..

    Wi,great job..thanks dah trans sepanjang ini..

  3. cimoet says:

    yipieeeeeee.. aq senang ichul telah kembali ceriaaaa… gtuh dong oppa.. ayoo.. semangat jg buat yg lain..
    btw trnyta ichul mau wamil jga ya?? setau aq dulu dy ga bisa wamil gara2 kakinya,,,

  4. lovarani says:

    baca artikel ini ada lucunya dan ada terharunya,,,,

    ngakak pas anak2 suju godain shindong wkwkwkw,,,,pasti mah dalam hati mereka iri aja ma shindong berani go public gitu,,gak yakin kalo yang lain ekspos pacar mereka bakal diterima kek shindong hahahhaha….

    dan aku terharu banget ma heecul,,,,gak bisa komen ttg dia lah saat2 ini,,pokoknya makin cinta ma dia…

  5. moe moe says:

    heechul oppa n lee teuk oppa
    jangan wamil dong…. T.T
    aq mohon..

    ntar suju tinggal 8 donk…

    tapi kalau itu yang terbaik aq setuju dech..

    oh iya selamat bat shindong yang ma menikah n_n

  6. Ekaput says:

    Hm, mrka smw lucu tp tetap manly dgn kedewasaan mrka. .
    Yesung tengal n kocak pas blg “good person” dia kira laguny park hyosin. .😀
    Mga stelah balik wamil mrka msi tetep eksis🙂

  7. dodhy says:

    hehehe…
    mow tny lg ni
    kalu pangln utk adik cwek(bkn kandung)..
    bnyk bnget pngln nya tp yg bener yang mana..

Leave a Reply

