Wawancara dengan Leeteuk, Heechul, Yesung & Shindong : Pernikahan? Comeback Album Ke-5?

Super Junior merupakan salah satu topik paling sering diperbincangkan, debut di tahun 2005 dengan 13 member (sebetulnya pas debut sih 12 ^^v) dan sekarang masih tetap aktif di dunia hiburan dengan 10 membernya karena kepergian Hangeng dan absennya Kangin serta Kibum.

Kesepuluh member tersebut juga telah merambah dunia akting, promosi unit group, dan aktivitas solo untuk tetap eksis dalam dunia hiburan. Dari sepuluh member yang ada, empat orang di antaranya mungkin yang paling bersinar dengan aktivitas solo mereka. Mereka adalah Leeteuk, Heechul, Yesung dan Shindong.

Entah kebetulan atau bukan tapi keempatnya berhasil menguasai prime time di MBC, KBS dan SBS😉 Mereka dikenal publik dengan bakat mereka dalam menghibur terutama melalui radio~ ^^

Reporter JoongAng belum lama ini bertemu dengan mereka berempat di salah satu restoran di daerah Cheongdam-dong, Seoul dan menikmati soju serta koktail strawberry dalam sebuah wawancara santai. Apa saja yang mereka perbincangkan? Mari kita liat… 

Sang reporter bertanya, “Berapa batas alkohol kalian?”

Leeteuk: “Uhm mungkin sebotol soju?  Saya bukan peminum yang baik karena biasanya saya akan memuntahkan semua yang saya makan setelah minum.”

Heechul: “Saya tidah tahu, biasanya minum dan minum saja. Saya bahkan minum hingga pagi belum lama ini.  Saya dekat dengan B2ST Junhyung (yay! biased xD) dan saya sempat bertemu untuk makan malam dengannya.”

Yesung: “Saya juga bukan peminum yang baik.  Setengah botol soju rasanya sudah cukup buat saya.”

Shindong: “Saya bisa minum hingga satu setengah botol soju biasanya, tapi saya lebih suka bir daripada soju sebetulnya.  Bir dan ayam adalah kombinasi terbaik.  Mungkin karena saya mirip dengan Ibu saya sehingga saya lebih menyukai bir.

Reporter kemudian mengangkat topik mengenai orang tua Shindong yang membuka sebuah restoran dan Shindong menjawab, “Iya benar.  Tapi orang2 mungkin akan berpikir kalau saya sedang promosi jika membicarakannya disini haha.

Karena keempatnya sama2 DJ, pendengar dapat mendengarkan mereka secara berurutan atau yang biasa disebut fans sebagai ‘SuJu Time’, dimana acara radio mereka mengudara dari pukul 8 malam hingga 2 pagi setiap hari seperti yang terlihat di chart di atas ^_^. Mempertimbangkan banyaknya pengalaman yang telah mereka dapat sebagai DJ sejauh ini, maka reporter pun meminta mereka untuk saling menilai penampilan satu sama lain.

Leeteuk: “Heechul memiliki kepribadian yang sangat bebas dan selalu blak-blak an. Terkadang saya berpikir apakah baik untuk berlaku seperti itu. Tapi saya rasa itu adalah sisi positif dari dirinya.”

Heechul: “Teukie adalah seorang veteran dengan 5 tahun pengalaman sebagai DJ.  Dia sangat ahli dalam membawakan acara dengan lancar dan nyaman.”

Leeteuk: “Belakangan ini saya bekerja sama dengan Yesung dan dia beradaptasi dengan sangat cepat”.

Yesung: “Saya baru menemaninya selama sebulan, tapi saya rasa pengalaman menjadi DJ sebelumnya sangat membantu. Tentu saja pada awalnya saya sempat merasakan banyak tekanan.”

Heechul: “Shindong membawakan acara radionya seakan-akan dia sedang berbicara dalam suatu event. Sepertinya dia memang dilahirkan untuk melakukan hal ini.”

Reporter kemudian bertanya apakah mereka pernah melakukan kesalahan atau mengucapkan sesuatu yang salah ketika on-air.

Shindong: “Saya pernah tidak sengaja tertidur. Waktu itu saya merasa sangat lelah sehingga saya berbicara sambil mulai tertidur.  Seharusnya saya memberitahu pendengar bahwa pizza bisa dijadikan sebagai hadiah, namun saya secara tidak sengaja malah berkata ‘busur’ karena saya melihat sebuah busur di mimpi saya. Untungnya acara dapat berakhir dengan baik setelah itu.”

Heechul: “Saya sering terbalik2 mengucapkan nama penyanyi dan lagu mereka.  Misalnya, saya harus mengucapkan lagu Sunye yang berjudul ‘Maybe’ tapi saya malah mengucapkan lagu Maybe yang berjudul ‘Sunye'”

Leeteuk: “Sewaktu saya siaran dengan Eunhyuk, pernah ada satu hal yang membuat saya tertawa. Waktu itu kami memperkenalkan lagu Miley Cyrus ‘Party in The U.S.A’ namun bukannya U.S.A kami malah menyebut ‘Yoosa’”

Lalu bagaimana dengan bintang tamu yang mengesankan?  Heechul mengungkapkan, “Yewon Jewelry belum lama ini menjadi bintang tamu di acara saya dan dia sangat lucu. Saya benar2 kalah olehnya.

Keempatnya bekerja dengan sangat baik dalam dunia siaran dan radio sehingga mereka sering digadang-gadang sebagai generasi berikut para MC populer di Korea. Mereka dispekulasikan dapat mengambil alih peran nama2 besar seperti Yoo Jae Suk, Kim Gura, dan Kang Ho Dong.

Menanggapi pujian ini, Leeteuk mengatakan, “Rasanya terlalu berlebihan. Kami belum mencapai taraf mereka.  Saya sempat membicarakan ini dengan Boom hyung, yang akan keluar dari wamil musim panas ini. Kami berdua setuju untuk bekerja keras selama 10 tahun ke depan untuk dapat menjadi seperti mereka.”

Ketika ditanya siapa di antara mereka yang paling mirip dengan Yoo Jae Suk, Heechul menjawab, “Leeteuk.  Saya rasa itulah mengapa dia dapat bekerja dengan sangat baik bersama Kang Ho Dong.”

Lalu siapa yang kira2 paling mirip dengan Kang Ho Dong? Leeteuk memilih Shindong.  Shindong sendiri menjelaskan,“Heechul hyung itu seperti campuran antara Kim Gura dan Shin Dong Yeob, dia memiliki karakter seperti mereka.  Meskipun dia mengatakan kritikan tajam, orang2 tidak akan membencinya hahaha.”

Sementara untuk Yesung, dia lebih memilih untuk fokus di bidang musik saat ini: “Saya juga ingin bekerja dengan baik di bidang tersebut namun saya rasa untuk saat ini fokus saya lebih ke bidang musik.”

Ketiga member lain menganggukan kepala mereka tanda setuju bahwa Yesung memang merupakan salah satu idol dengan bakat vokal terbaik yang ada saat ini.  Mereka bahkan mengungkapkan bahwa di salah satu lagu hits mereka suara Yesung digunakan sebagai pondasi lagu tersebut.

Melanjutkan perbincangan dengan berbicara mengenai pengalaman mereka sebagai idol group di tahun ke-6 semenjak debut, sang reporter bertanya mengenai pengalaman2 di masa lalu.

Leeteuk: “Rasanya tidak dapat dituangkan dalam kata2.  Berpikir mengenai satu momen tertentu membuat saya tertawa. Satu waktu, Kangin dan saya pernah mengerjai para member dan berpura-pura untuk membuat mereka yang lebih muda menjadi disiplin. Ketika kami baru mau mulai, tiba2 Yesung berdiri dan berkata, ‘Semuanya salahku’, dan membuat kami semua tertawa.”

Yesung: “Nama panggilan Leeteuk adalah ‘My Room Teuk’ karena dia selalu memanggil para member untuk ke ruangannya tidak peduli dimanapun kami berada untuk memperkuat rasa kerja sama tim.”

Shindong: “Mungkin tidak ada idol group yang seperti kami.  Setiap kali kami melakukan suatu kesalahan, kami akan mendisiplinkan diri sendiri dan bahkan meminta para manajer untuj menegur kami.”

Ketika ditanya bagaimana mereka bertahan setelah kepergian Hangeng dan absennya Kangin, Leeteuk menjawab, “Memang sangat disayangkan, dan saya khususnya merasa sedih karena belum dapat menghubungi Kangin belakangan ini.  Saya mengerti setiap orang pasti melakukan kesalahan, namun ketika dia membuat kesalahan yang sama dua kali, saya benar2 merasa sedih.”

Ketika ditanya mengenai respon kontroversialnya terhadap berita Hangeng yang mengatakan bahwa member suju menolak teleponnya, Leeteuk menjelaskan, “Mungkin ada sebuah kesalahpahaman, tapi saya tidak bisa diam saja jika menyangkut sesuatu yang dapat memberikan efek negatif terhadap para member.  Saya menulisnya di twitter karena saya merasa bertanggung jawab sebagai leader untuk berbicara mewakili para member.”

Sebagai penyanyi, topik berikutnya yang baru2 ini menjadi perbincangan hangat di publik adalah: MBC’s “I Am A Singer.

Shindong menyatakan, “Saya merasa terkejut ketika tahu akan mengumpulkan para senior di satu acara.”

Heechul menambahkan, “Saya pribadi berpendapat kalau (acara) ini sangat bagus, menyenangkan dapat mendengarkan kembali lagu2 hits lama.  Bahkan bagi kami, kami sering merasa kesulitan mengenali para rookie di ‘Inkigayo‘ dan akan saling bertanya siapa mereka, jadi acara ini membuat kami merasa lebih dekat dalam hal tersebut.  Meskipun beberapa kontroversi yang mengiringi acara ini sangat mengecewakan.”

Yesung berharap, “Jika saya mendapat kesempatan lain di waktu yang akan datang, Saya ingin sekali tampil di acara tersebut.  Saya bertetangga dengan Yoon Do Hyun, sehingga saya sering bertemu dengannya.”

Untuk mengakhiri, sang reporter bertanya mengenai rencana mereka untuk wamil, berkencan dan pernikahan😉

Leeteuk mengungkapkan, “Jujur saja, saya merasa cemas mengenai wamil nanti.  Saya belum yakin betul, tapi saya rasa saya akan mulai wamil di akhir tahun ini atau awal tahun depan.  Saya juga sempat berpikir akan lebih baik jika kami semua masuk wamil bersamaan, karena beda umur kami tidak terlalu jauh.” (setuju banget dah sama leader! ^^v)

Mengenai kencan, Heechul mengungkapkan, “Bukan berarti saya tidak ingin, tapi saya belum ada rencana untuk berkencan ataupun menikah saat ini.  Saya tidak pernah berada dalam satu hubungan yang bertahan lebih dari beberapa bulan.  Saya ingin menikah di antara usia 33 sampai 35 tahun, dan meskipun saya telah sering mengatakan hal ini sebelumnya, Saya juga mempertimbangkan pernikahan antar bangsa.” (woot woot ^o^)

Ketika ditanya mengenai skandalnya dengan Kim Yuna, Leeteuk menjelaskan, “Saya sudah sering mengklarifikasi hal ini namun banyak orang yang masih bertanya.  Sekali lagi, Saya meminta maaf pada Kim Yuna untuk apapun yang mungkin mempengaruhinya. Saya tidak pernah melihatnya lagi semenjak terakhir menjadi model iklan bersama untuk uniform CF. Dan Yesung menjadi temannya di minihompi sebelum saya.”

“Jadi itu berarti Anda tidak berkencan dengan siapapun saat ini?” tanya sang reporter.  Leeteuk menjawab, “Ketika saya tidak ada jadwal, biasanya saya diam di rumah dan main internet sehingga saya jauh dari rumor.  Namun masih banyak yang sering salah paham haha Saya berpikir untuk menikah di usia 35 atau 37 tahun.”

Karena Shindong sudah memiliki pacar dan calon potensial sehingga perhatian tertuju pada Yesung.  “Selama 10 tahun terakhir, wanita ideal saya hanya Moon Geun Young-ssi hahaha.” (ckckck setia banget Yesung ini~)

Terakhir, bagaimana dengan rencana album selanjutnya?  Leeteuk mengungkapkan, “Paling awal, album kelima kami mungkin keluar musim panas ini.”

source : JoongAng, Nate, allkpop
indo translation by harlequinn @ sujuelfone.wordpress.com
may take out with full and proper credit

10 thoughts on “Wawancara dengan Leeteuk, Heechul, Yesung & Shindong : Pernikahan? Comeback Album Ke-5?

  1. dhila_kudou says:

    haha, omo…keren dh peracakapan mreka…huwa, trnyata si leader brpikir hl yg sama mngnai wamil…hohoho…aih, mga2 di album kelima ada kibum…amiiin

  2. dilaa__ says:

    hwahaha teuk kangen kangin nih yee…. *cie2*
    chul mau nikah sama orang luar ya? saya dukung kau bang X))

    btw musim panas di korea selatan kapanyaa?

  3. yime says:

    Kereenn-keerreenn,,ngemeng2 mereka semua 4 tetua di suju kan?? hahahaha😄
    Wah,,mau 5jib aja nih,,cepet banget…*siap-siap ngumpulin duit*
    Yesung, bener2 setia..ah,abaangg X)

  4. cimoet says:

    yesung setia bangat,, oppa harusnya berani dong PEDEKATE!
    tu my heechul #PLAK,, ayolah menjalin hubngan yg serius, mskipn aq bakalan jeles parah, tpi biar bgmnpn ttp harus serius,,
    teukie oppa juga saatnya membuka hati ^^

  5. idote says:

    moon geun young tau ga ya klo ada seseorang yg begitu ngefansnya ama dia??? keknya hrs dicomblangin nih mereka..

Leave a Reply

